Song

Kamis, 18 September 2014

Pertemuan 2

Filsafat 2

Setelah postingan saya yang sudah saya bagikan kepada kalian semua sebagai tugas saya yang pertama,sekarang saya akan membagikan kembali materi apa yang telah saya dapat pada tanggal 16 September 2014.
Saya akan membagikan sedikit materi tentang "Pencabangan Filsafat" diantaranya, yaitu aksiologi dan metafisika.

 Filsafat merupakan sebuah ilmu yang mencakup keseluruhan ilmu yang ada di dunia. Karena terlalu luasnya cakupan filsafat, jika filsafat dipertahankan sebagai satu ilmu mencakup keseluruhan yang ada,  orang yang mempelajari filsafat akan kesulitan karena luasnya cakupan Filsafat itu sendiri. Oleh karena itulah, filsafat perlu dicabangkan menjadi ilmu-ilmu yang lebih kecil cakupannya. Dan, pencabangan yang saya pelajari adalah:

1. Aksiologi
Aksiologi berasal dari kata dalam bahsa Yunani, yaitu axios (nilai) dan logos (ilmu). Aksiologi merupakan cabang Filsafat yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya.Aksiologi adalah kajian tentang kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia, kajian tentang nilai-nilai, khususnya etika.Aksiologi menjadi bagian dari filsafat yang menaruh perhatian tentang baik dan buruk, benar dan salah, serta tentang cara dan tujuan dari perbuatan manusia.
Aksiologi membedakan dengan jelas “Fakta” dan ”Nilai”.
  • Fakta, Merupakan sesuatu yang nyata dan dapat diobservasi secara langsung. Mis: Pantai itu dipenuhi terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat banyak.
  • Nilai, Merupakan sesuatu yang kita tambahkan terhadap fakta yang sudah ada. Mis: Pantai itu sangat Indah, Pantai itu menyejukkan hati.
Ada 3 ciri-ciri nilai: 
1) Nilai berkaitan dengan subjek, 
2) Nilai tampil dlm konteks praktis, 
3) Nilai menyangkut  sifat yang ditambah oleh subjek pd sifat yg dimiliki oleh objek.

Macam-macam nilai: 
1) nilai ekonomis: bdk hukum ekonomi, 
2) nilai estetis: saat menikmati lukisan, atau lagu yang indah.

Nilai sendiri memiliki peranan dalam kehidupan kita:
1. Nilai merupakan objek sejati bagi tindakan manusia.
2. Nilai mengarahkan manusia dan memberi daya tarik bagi manusia dalam membentuk dirinya           melalui tindakan-tindakannya.
3. Menata hubungan sosial dalam masyarakat.
4. Memperkuat identitas kita sebagai manusia.

2.Metafisika

Secara etimologis metafisika itu berasal dari kata meta ta physika yang artinya sesudah fisikaBanyak dari kita pada zaman sekarang ini menafsirkan bahwa Metafisika merupakan suatu bidan ilmu yang mempelajari tentang alam gaib atau dunia lain.padahal itu salah. karena Metafisika adalah sebuah cabang ilmu Filsafat yang mempelajari tentang pembahasan komprehensif mengenai semua yang ada dalam realitas. Metafisika sendiri dibagi dua lagi, yaitu metafisika  umum (ontologi) dan metafisika khusus yg meliputi: kosmologi, teologi metafisik, fils. Antropologi.

Selama kelas berlangsung saya memperhatikan teman-teman yang ada di sekeliling saya,saya melihat banyak yang masih bingung dengan materi ini termasuk saya sendiri. Oleh karena itu, saya mungkin juga akan lebih banyak membaca dan mencari tahu tentang bidang ini agar mampu mengikuti pelajaran selanjutnya dengan baik.

so...itulah yang dapat saya bagikan dari materi pembelajarang tentenga pencabangan filsafat tanggal 16 September 2014. 
sumber : PPT KBK Filsafat Universitas Tarumanagara

5 komentar:

  1. Halo, cici Mey hehe cici blognya bagus ya bergambar gitu huhu aku jadi ngiri. Ci, kalau aku boleh kasih saran, itu tulisan yang dihighlight, warna tulisannya lebih digelapin jangan abu-abu soalnya agak sulit dibacanya hehe aku kasih nilai 87 :)

    BalasHapus
  2. Hahahaha blog nya di update tiap hari yaaaa hahaha 89 mey!

    BalasHapus
  3. Blognya bagus dan lengkap 87 buat kamu,Good Job

    BalasHapus
  4. blognya udh lengkap mey isinya, 86 ya :)

    BalasHapus
  5. singkat, jelas, padat, mudah dipahami 92 ya mey

    BalasHapus