Song

Jumat, 26 September 2014

Apakah manusia itu bebas ?

Haiii guysssss !!!! 
Dalam pertemuan pada tanggal 26 september 2014 yang lalu, menjadii pertemuan yah cukup seruuuu karenaa membahas tentang kebebasan. Walaupun sayaa saat kelas sedikitt ngantukk tapii masih bisa mengikuti kelas dengan baikk.

Di akhir pertemuan kami diminta untuk memberi pendapat dan pandangan masing-masih terhadap pertanyaan “Apakah Manusia itu bebas?” Jadi, berikut ini akan saya beri tahu apa yang menjadi pendapat saya tentang kebebasan manusia.

Sebagai manusiaa tentu kita sudah tau apa itu kata bebas,dan kata bebas tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Tapii masih banyak belum tau apakah sesungguhnya manusia itu bebas ?
Setiap orang memiliki arti kebebasannya masing-masing. Ada yang mengatakan bahwa manusia selalu bebas karena dia dapat menentukan kemauan hidupnya sendiri. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa manusia itu senantisasa terikat dan tidak sepenuhnya bebas. Saya sendiri berpendapat bahwa, manusia itu bebas tapi kebebasannya itu masih memiliki batasan. 
Yang saya maksud dengan bebas di dalam suatu batasan yaitu manusia tidak sepenuhnya terikat dan tidak juga sepenuhnya bebas. Ada tingkatan di mana manusia itu bebas dan manusia itu terikat. Mungkin kita bisa mengatakan bahwa tidak ada yang mampu memaksa manusia melakukan sesuatu, oleh karena itu maka manusia itu bebas. Tetapi, pada kenyataannya kita sebagai manusia dikelilingi oleh batasan dan peraturan. 

Jadi,menurut saya manusia itu tidak sepenuhnya bebas karena masih ada batasan-batasan dan aturan yang melingkupi manusia. Batasan tersebut ada yang dibuat oleh manusia dan ada yang telah ditetapkan oleh alam dan ataupun aturah dari Tuhan.

9 komentar: